Rabu, 11 Mei 2016

MANFAAT TANAMAN/ SAYUR TALAS

Talas merupakan tanaman yang dapat tumbuh subuh di sekitar lingkungan dekat air atau lingkungan yang mempunyai tingkat kelembapan yang cukup. Tanaman ini mempunyai ciri khas berdaun lebar dan berbatang lembut sehingga mudah patah. Banyak orang mengira bahwa talas hanya dapat di manfaatkan buahnya saja yang tergolong umbi- umbian.






Namun ternyata selain dari bagian umbi saja, struktur lain dari bagian pohon talas juga mempunyai banyak manfaat, seperti pada daun dan batangnya. Talas (Cokocasia esculentia schott) mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Di beberapa wilayah di indonesia seperti contoh daerah medan, talas di jadikan hanya sebagai makanan ternak, terutama pada batangnya. Namun apakah salah jika anda mengonsumsinya setelah mengetahui khasiat luar biasa dari tanaman ini.


Manfaat Daun talas atau orang jawa menyebutnya dengan nama “lompong” ini biasa di masak dan di jadikaan sayuran ternyata kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa kandungan dari daun talas ini bermanfaat untuk kesehatan. Daun talas mengandung polifenol. Tangkai daun mengandung saponin.
  1. Manfaat Tanaman Talas Di Kulit Tangkainya
Kulit tangkai bisa digunakan untuk membalut luka. cairan kulit tangkainya yang mengandung antibiotik alami membuat luka tidak mudah terinfesksi. Sifat dingin dari kulit tangkai talas ini juga bisa menjadi kompres ringan bagi luka yang cenderung bisa mengalami pembengkakan.
Cara Pakai: Potong Tangkainya sepanjang 30 cm lalu kupas sedalam 1-2mm, lap getahnya dengan kain karena bisa menyebabkan gatal. bila sudah bersih dari getah lalu balutkan di luka. sebelumnya luka di cuci bersih dengan sabun. setelah dibalut ikat dengan rapih. hal ini bisa menjadikan penolongan pertama pada luka.

2. Manfaat Daun Talas
Daun talas  mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi. Ada juga beberapa vitamin pada daun ini yaitu vitamin A, B1, dan C. Selain itu Daun talas memiliki zat yang bernama polifenol, yang fungsi dari polifenol ada banyak jenisnya di antaranya : sebagai penangkal radikal bebas yang merusak fungsi sel- sel di dalam tubuh. Radikal bebas juga masih ada kaitanya dengan faktor utama kerusakan sel yang mempercepat penuaan.
Selain itu senyawa polifenol juga memperkuat system imun (kekebalan tubuh), melancarkan sirkulasi darah, anti tumor, mencegah tulang keropos, menyehatkan jantung dan membantu menurunkan berat badan.

3. Manfaat Rimpang Tanaman Talas
Rimpang dari tanaman Talas bisa dijadikan bubur akar rimpang talas,  secara traditional digunakan sebagai obat encok. Bisa juga digunakan mengatasi radang kelenjar limpa ringan. Talas secara umum biasa digunakan juga untuk mengobati tukak alat pencernaan, asma, dan ganguan bronchia.
Cara penggunaan: potong rimpang talas lalu diamkan dalam air garam selama 3 jam. setelah itu Kukus rimpang talas samapai matang. untuk pengobatan tukak lambung dan penyakit dalam lainnya, buat kukusan talas ini menjadi bubur. Bisa ditambahkan perasa gurih kaldu ayam atau manis. tergantung selera.

4. Manfaat Tangkai Talas
Tangkai pada dun talas mengandung zat yang bernama saponin. Senyawa ini berfungsi menyingkirkan kolesterol dan antiseptik. Untuk itu biasanya orang menggunakan kulit dari bagian tangkai talas untuk membungkus luka. Selain menfaat tanaman talas di atas, pada bagian daun dan pelepah juga bisa di fungsikan sebagai obat gatal.

Hati- Hati Menggunakan Daun Talas
Selain kaya manfaat , namun kamu harus berhati – hati menggunakannya. Karena getah batang talas ini dapat menimbulkan rasa gatal terhadap kulit kita. Namun tidak berbahaya hanya dengan mencuci dengan sabun dapat meredakan rasa gatal tersebut.

Nah itu lah yang dapat saya informasikan tentang manfaat tanaman talas/keladi untuk kesehatan.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar