Rabu, 11 Mei 2016

MANFAAT BUAH JAMBU MOYET


Jambu monyet atau sering di kenal dengan jambu mede (jambu mente bhs jawa) memiliki nama latin anacardium occidentale, yaitu sejenis tumbuhan dari suku anacardiaceae yang datang dari brasil serta mempunyai buah yang bisa dimakan. Yang lebih populer dari jambu mede yaitu kacang mede, kacang mete atau kacang mente (bhs jawa) bijinya yang biasa dikeringkan serta digoreng untuk jadikan beragam jenis penganan. Menurut ilmu botani, tumbuhan ini sekalipun bukan termasuk dari jenis jambu-jambuan (myrtaceae) ataupun kacang-kacangan (fabaceae), akan tetapi malahan lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (atau suku anacardiaceae).



Jambu monyet juga di kenal dengan berbagai nama tergantung dimana tempat keberadaanya.
  • Jambu Mèdè (Bahasa Sunda)
  • Jambu Mété Atau Jambu Ménté (Bahasa Jawa)
  • Jhambu Monyèt (Bahasa Madura)
  • Jambu Dwipa, Jambu Jipang, Nyambu Monyèt (Bahasa Bali)
  • Nyambuk Nye ;Bèt (Bahasa Sasak)
  • Jambu Érang, Jambu Monyé (Bahasa Minang Kabau)
  • Jambu Dipa (Bahasa Banjar)
  • Buwah Monyet (Bahasa Timor)
  • Buwah Yaki (Bahasa Manado)
  • Buwa Yakis, Wo Yakis (Bahasa Sulewesi Utara)
  • Buwa Yaki (Bahasa Ternate, Tidore)
  • Buwa Jakis (Bahasa Galela)
  • Jambu Daré, Jambu Masong (Bahasa Makasar)
  • Jampu Sère ;Ng, Jampu Tapesi (Bahasa Bugis)
Didalam bhs inggris diberi nama cashew (tree), yang diturunkan dari pengucapan portugis untuk menamai buahnya, caju, yang sebenarnya juga adalah utang dari nama didalam bhs tupi, acajú. Sementara itu nama marganya (anacardium) mengacu pada wujud buah semunya yang layaknya jantung terbalik.

Karakteristik Pohon Jambu Monyet

Jambu monyet memiliki ukuran pohon sedang, tinggi s/d 12 m, dengan tajuk melebar, memiliki cabang sangat banyak, serta senantiasa hijau. Tajuk mungkin saja tinggi serta menyempit, atau rendah serta melebar, bergantung pada situasi lingkungannya.



                                    MANFAAT JAMBU MONYET

1. Turunkan resiko serangan jantung
Vitamin C pada buah jambu monyet dapat menyingkirkan aterosklerosis didalam jantung. Aterosklerosis yaitu satu keadaan di mana arteri jantung menebal hingga tingkatkan serangan jantung karena darah jadi tak lancar. Konsumsi buah jambu monyet bisa menyehatkan jantung kita.
2. Mengontrol tekanan darah
Tekanan darah tinggi adalah penyakit yang beresiko serta bisa mengakibatkan kematian mendadak pada orang yang menderitanya. Konsumsi buah jambu monyet dengan cara teratur dapat kurangi tekanan darah serta rusaknya jantung dan ginjal.
3. Menangani asma
Suatu riset teranyar tunjukkan bahwa orang yang mengalami asma umumnya mempunyai jumlah vitamin C yang kurang didalam badan mereka. Oleh karenanya konsumsi buah jambu monyet sehari-hari dapat kurangi sesak napas.
4. Melawan kanker
Banyak riset yang sudah menunjukkan bahwa vitamin C dapat melawan kanker dalam sebagian step. Tak cuma itu, vitamin C pada buah jambu monyet dapat juga meminimalkan dampak kemoterapi sebagaimana mual.
5. Menyehatkan mata
Vitamin A pada buah jambu monyet bertindak dalam pembentukan indra pandangan untuk manusia. Vitamin ini bakal menolong mengkonversi tanda molekul dari cahaya yang di terima oleh retina untuk jadi satu proyeksi gambar di otak kita. Senyawa yang bertindak paling utama dalam hal semacam ini yaitu retinol. Bersama dengan rodopsin, senyawa retinol bakal membuat kompleks pigmen yang peka pada sinar untuk mentransmisikan tanda sinar ke otak. Teratur konsumsi jambu monyet bakal menolong untuk menyehatkan organ pandangan.
6. Mencegah radikal bebas
Pada buah jambu monyet ada senyawa beta karoten, salah satu bentuk vitamin A yang disebut senyawa dengan kesibukan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas. Senyawa radikal bebas ini banyak datang dari reaksi oksidasi di dalam badan ataupun dari polusi dilingkungan yang masuk kedalam badan.
7. Menangani anemia
Buah jambu monyet memiliki kandungan zat besi yang sangatlah berguna untuk menghindar anemia. Konsumsi jambu monyet dengan cara teratur dapat untuk menangani anemia. Zat besi mempunyai manfaat yang sangatlah utama, yakni untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan serta mengangkut electron di dalam sistem pembentukan daya di dalam sel.
Mungkin saja cuma itu yang dapat saya berikan perihal manfaat jambu monyet untuk kesehatan. Semoga berguna..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar