Senin, 02 Mei 2016

MANFAAT MENTIMUN

 Ketimun merupakan jenis sayuran yang masuk ke dalam keluarga tanaman seperti labu  dan semangka. Kandungan air pada sayuran mentimun sama seperti yang ada pada manfaat semangka, yaitu sebagian besar terdiri dari (95 persen) air, yang berarti mengkonsumsi ketimun pada hari musim panas, dapat membantu tubuh tetap terhidrasi.
   Timun atau mentimun merupakan salah satu buah yang sudah tidak asing bagi semua lapisan masyarakat. Hal ini mungkin disebabkan, timun mudah didapatkan dengan harga yang relatif murah sekaligus dapat dibudidayakan dipekarangan kita sendiri. Hampir sebagian besar jenis timun memiliki bentuk fisik bulat memanjang dengan kulit buah hijau tua, daging yang bewarna hijau muda serta memiliki biji didalamnya. Dengan kandungan air yang melimpah, timun sangat cocok dikonsumsi pada siang hari saat suhu sangat panas. Tapi ternyata timun juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh anda. Lalu, apa saja manfaat dahsyat timun bagi kesehatan tubuh tersebut....???



  Sahabat, tips kesehatan. Timun atau mentimun sangat akrab dengan berbagai jenis makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari. Hampir sebagian besar rumah makan besar, pedagang makanan di pinggir jalan maupun dirumah sendiri selalu ada yang namanya timun. Namun tak perlu memiliki rasa bosan terhadap timun itu sendiri. Ini dikarenakan, timun mengandung berbagai nutrisi yang mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh anda.

Kandungan Gizi Dalam Ketimun
Ketimun terdiri dari 95% air dan secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol dan sodium. Menurut USDA National Database Gizi, 1 cangkir irisan mentimun dengan kulitnya (sekitar 119 gram) mengandung :
  • 115 gram air
  • 16 kalori
  • 0,8 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula)
Di dalam secangkir ketimun ini, juga mencukupi kebutuhan harian zat seperti  11% dari vitamin K, 4% vitamin C, magnesium, kalium dan mangan dan 2% dari vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.


Manfaat Ketimun Bagi Kesehatan

Manfaat ketimun bagi kesehatan sangat beragam, mengkonsumsi ketimun akan menambah asupan berbagai zat yang penting untuk tubuh. Berikut adalah ulasan berbagai manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh manusia.
1. Melindungi Otak
Di dalam ketimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan oleh tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.


2. Menyehatkan Jantung
Kandungan dalam jus mentimun berupa kalium seperti pada manfaat pisang, juga magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi atau pun rendah. Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.


3. Menjaga Berat Badan yang Sehat
Ketimun sangat rendah kalori, yang bekerja seperti manfaat apel untuk diet. Membuat camilan dengan mengisi satu cangkir mentimun, hanya mengandung 16 kalori. Serat larut dalam mentimun bertekstur seperti gel dalam usus, yang membantu untuk memperlambat pencernaan. Perut akan merasa kenyang lebih lama dan inilah yang merupakan salah satu alasan, mengapa makanan kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.
4. Pencegah Sembelit Yang Sangat Ampuh.
Kandungan air yang melimpah serta serat dalam mentimun akan membantu menyehatkan organ pencernaan sekaligus melancarkan buang air besar atau menghilangkan sembelit yang mungkin anda alami. Pengontrol 5.Tekanan Darah Yang Lebih Baik.
Kandungan kalium, magnesium serta serat dalam timun ternyata sangat efektif mengobati tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah yang sering dialami oleh sebagian orang.
6.Mengurangai Kadar Kolesterol Jahat
Dalam Darah. Ini dikarenakan, timun mengandung sebuah senyawa yang bernama sterol yang mana sangat ampuh mengurangi kadar kolesterol jahat yang bisa membahayakan kesehatan tubuh anda.
7. Obat Alami Bagi Penderita Diabetes.
Ini dikarenakan, timun atau mentimun mengandung sebuah hormon yang berperan nyata memproduksi insulin pada sel-sel organ pankreas yang anda miliki.



Manfaat Ketimun Untuk Perawatan Kecantikan

Salah satu yang amat digemari wanita pada ketimun, yakni sangat baik untuk mengatasi masalah kecantikan. Berikut ini manfaat ketimun untuk kecantikan sebagai berikut :

8. Mengurangi lingkaran hitam pada mata
Manfaat ketimun pada kandungan zat silika pada timun dapat membantu peremajaan kulit sekitar mata. Cukup kompres saja dengan potongan ketimun pada mata.

9. Mengurangi bintik hitam
Parutan ketimun yang dibaluri ke daerah wajah dan leher, dipercaya mampu mengurangi bintik-bintik hitam akibat paparan matahari. Hal ini karena timun dapat digunakan sebagai tonik alami.

10. Mencegah kerutan pada kulit
Manfaat ketimun memberikan rasa kesegaran yang alami bagi kulit, karena sifatnya yang mengandung air sehingga baik untuk membersihkan wajah dan melembabkan kulit. Potongan timun cukup di tempelkan pada kulit secara rutin.

Sebagian besar makanan alami memang memberikan manfaat sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti ketimun ini. Konsumsi setiap ragam jenis buah dan sayur untuk mencukupi setiap kebutuhan nutrisi tubuh.









Manfaat Mentimun untuk kesehatan:

Sayuran ini paling baik dipanen ketika masih muda, yaitu ketika dagingnya masih terasa lembut dan renyah. Memiliki rasa yang sedikit manis, terutama jika dimakan mentah sebagai salad atau sandwich atau dalam bentuk jus. Berikut manfaatnya bagi kesehatan:
1 . Kalori mentimun sangat rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram .Tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh. Menkonsumsi mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit kronis.
2 . Kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.
3 . Juga memiliki atribut penyembuhan bagi kondisi yang ada kaitannya dengan penyakit kandung kemih dan ginjal. Kandungan air dalam mentimun yang membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Konsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.
4 . Masalah pencernaan seperti mulas, asam lambung, gastritis dan bahkan tukak lambung dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi rutin mentimun atau jus mentimun. Enzim yang disebut Erepsin dalam ketimun juga membantu dalam pencernaan protein.
5 . Tidak hanya dagingnya, bijinyapun juga sangat bermanfaat. Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus. Biji juga memiliki sifat anti inflamasi yang efektif untuk pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan .
- See more at: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/30-manfaat-luarbiasa-mentimun-bagi-kesehatan-kulit-dan-rambut.html#sthash.qQwvzKiY.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar