Senin, 09 Mei 2016

MANFAAT BUAH SIWALAN

Pohon siwalan atau yang dikenal dengan pohon lontar ini pada umumnya tumbuh di wilayah Asia Selatan dan juga Asia Tenggara. Pohon siwalan sendiri relatif tinggi menjulang hingga ketinggian 15-30 m dengan daun-daun besar, terkumpul di ujung batang membentuk tajuk yang membulat.



Buah siwalan pada umumnya bergerombol dalam tandan, hingga sekitar 20 butir, bulat peluru berdiameter 7-20 cm, hitam kecoklatan kulitnya dan kuning daging buahnya bila tua. Berbiji tiga butir dengan tempurung yang tebal dan keras.

Daging buah ini lebih tebal seperti nata de coco dan buah ini tidak mempunyai tempurung yang keras seperti kelapa. Rasa tidak terlalu manis dan sangat lezat untuk dimakan. Pada umumnya buah siwalan ini dijadikan buah untuk campuran minuman segar.



Daging buah yang tua, berwarna kekuningan dan berserat, dapat dimakan segar ataupun dimasak terlebih dahulu. Cairan kekuningan diambil untuk dijadikan campuran panganan atau kue – kue atau untuk dibuat menjadi selai.

Kandungan Nutrisi Buah Siwalan

Dalam 100 gr buah siwalan, mengandung Total gula 10.93, Gula reduksi 0.96, Protein 0.35, Nitrogen 0.056, pH 6.7-6.9, Specific gravity 1.07, Mineral sebagai abu 0.54, sedikit kalsium, Fosfor 0.14, Besi 0.4, Vitamin C 13.25 dan Vitamin B1 (IU) 3.9

Manfaat Buah Siwalan

Dari banyaknya kandungan gizi dari buah siwalan, dapat dimanfaatkan untuk:
  1. Untuk pengobatan sakit lever. Adapun arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Rebusan kulit batang ditambah garam, berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.
  2. Buah siwalan bisa digunakan sebagai obat kulit atau dermatitis, bagian buah untuk obat satu ini adalah bagian buahnya.
  3. Akar yang terdiri atas ekstrak akar muda untuk melancarkan air seni dan obat cacing. Rebusan akar muda (decontion) untuk mengobati penyakit yang terkait dengan pernapasan.
  4. Kandungan buah siwalan berupa sukrosa, air dan glukosa dapat dijadikan sumber karbohidrat bagi tubuh yang rendah akan lemak, protein maupun serat.
  5. Bagian dari akar buah siwalan berguna untuk obat cacing dan melancarkan air seni. Merebus akar yang masih muda dan meminum air rebusannya juga bisa menjadikannya obat pada penyakit berupa gangguan pernapasan
  6. Legen atau nira yang telah difregmentasi mampu membantu menormalkan kerja fungsi ginjal, mengobati impotensi karena legen ini bersifat menambah air mani dalam tubuh.

Manfaat lontar bagi kesehatan anda
Berikut ini adalah beberapa manfaat buah lontar bagi kesehatan yang dapat berperan penting untuk tubuh.
1. Sebagai Isotonik
Larutan isotonik merupakan minuman yang memiliki tekanan osmolaritas  atau memiliki konsentrasi zat terlarut yang sama dengan cairan tubuh. Manusia membutuhkan 2 liter cairan atau sekitar 8 gelas setiap hari dan dalam beraktifitas mengeluarkan cairan tubuh sebanyak 2-3 liter dalan sehari. Untuk menganti cairan tubuh yang hilang itulah kita harus mencukupi kebutuhan cairan kita agar tidak dehidrasi. Jika anda selama ini hanya mengenal isotonik dalam bentuk minuman kemasan maka perlu anda ketahui bahwa nira lontar juga dapat berperan sebagai minuman isotonik. Kandungan mineral nira lontar yang tinggi dan mirip dengan cairan tubuh lah yang membuat ia dapat dikatakan sebagai isotonik. Minuman isotonik memiliki kelebihan dibandingkan air putih biasa, yaitu mampu mengantikan cairan tubuh lebih cepat dibandingkan air putih biasa.

2. Melancarkan pencernaan
Banyak sekali masalah pencernaan yang sering kita alami, dan salah satunya adalah susah buang air besar atau sembelit.  Selama ini yang sering direkomendasikan untuk melancarkan pencernaan adalah konsumsi buah yang cukup. Hal itu benar karena buah memiliki kandungan serat yang tinggi sehinggga dapat melancarkan pencernaan seperti buah lontar.  Tidak hanya buahnya saja, nira lontar juga dapat membantu pencernaan. Agar pencernaan lancar yang harus dicukupi tidak hanya serat tapi asupan cairan pun harus sesuai kebutuhan kita.

3. Menyejukkan tubuh
Cuaca panas sangat menganggu aktivitas kita karena tak jarang ia membuat tubuh kita merasa kepanasan dan gerah. Jika anda ingin segera menyejukkan tubuh maka dengan mengkonsumsi  buah lontar dapat membantu anda. Tekstur buah lontar yang kenyal seperti gel dan dingin mampu membantu menyejukkan tubuh anda setelah mengkonsumsinya.

4. Baik bagi penderita diabetes
Diabetes merupakan penyakit karena kadar gula dalam darah yang melebihi nilai normal, yaitu <110 mg/dl untuk dewasa dan <100 mg/dl untuk anak. Sangat penting bagi penderita diabetes untuk mengatur pola makannya, tentunya asupan gula harus dibatasi. Nira lontar baik bagi penderita diabetes karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan nilai yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah pada suatu bahan makanan. Jika selama anda sudah mengenal gula jagung  baik bagi penderita diabetes maka kini juga telah dikembangkan gula dari nira lontar yang rendah indeks glikemiknya sehingga dapat membantu mengontrol gula darah.


5. Sebagai antibiotik
Antibiotik adalah senyawa yang dapat menghentikan pertumbuhan virus dan bakteri yang bisa menganggu kesehatan anda. Di dalam nira lontar terdapat enzim yang dipercaya dapat berperan sebagai antibiotik bagi tubuh. Bahkan sudah dilakukan uji coba pembuatan minuman probiotik dari siwalan dengan menambahkan susu skim. Minuman probiotik merupakan minuman yang mengangandung microorganisme baik yang bisa melawan bakteri merugikan dalam tubuh kita.

6. Mengatasi stres
Tak jarang berbagai masalah kehidupan menjadi beban fikiran kita sehingga membuat kita stres. Pernahkah anda berfikir kalau lontar mampu menurunkan stres kita? Ya, kesegaran lontar mampu membuat kita lebih tenang dan sejuk. Selain itu kandungan vit C lontar juga berperan dalam mengatasi stres kita. Sebuah penelitian yang dilakukan di Montreal menunjukkan bahwa suplementasi vit C mampu menaikkan mood pasien ramat inap di rumah sakit. Vit C juga berperan sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas atau senyawa yang berbahaya bagi kesehatan anda.


7. Baik bagi kesehatan ginjal
Ginjal merupakan organ yang sangat penting  tubuh kita. Ginjal berperan dalam proses ekskresi dalam tubuh. Beberapa tugas penting ginjal yaitu mengatur volume cairan dalam tubuh, mengatur hormonal dan ekskresi sisa-sisa metabolisme. Fosfor yang terkandung pada lontar dapat menjaga kesehatan ginjal dengan membantu proses urinasi atau proses buang air kecil.


8. Obat penyakit kulit atau dermatitis

Penyakit kulit tidak hanya menganggu kita dari rasa sakit atau gatal namun juga sangat menganggu kecantikan kulit kita. Meskipun belum banyak penelitian tentang khasiat lontar terhadap penyakit kulit namun buah lontar yang sudah tua dipercaya mampu mengobati beberapa penyakit kulit.

9. Sumber energi
Energi merupakan komponen yang sangat penting agar kita dapat beraktifitas dengan baik. Salah satu sumber energi adalah gula. Bahkan otak kita hanya menerima energi dalam bentuk glukosa. Dalam lontar terkandung gula sukrosa dan glukosa yang bisa menjadi sumber energi otak kita.







Itulah informasi mengenai kandungan nutrisi dan manfaat dari buah siwalan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar