Senin, 09 Mei 2016

MANFAAT KACANG PANJANG

Manfaat kacang panjang yang paling fenomenal dalam dunia kesehatan adalah perannya dalam membentuk jantung yang sehat. Sayuran ini menjadi salah satu jenis sayuran yang mudah kita temui dimana-mana, hampir tiap pedagang sayur menjualnya. Banyak pula kuliner Indonesia yang menggunakan kacang panjang sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatannya.

Tentang Kacang Panjang
Tanaman kacang panjang tumbuh subur di tanah yang mengandung banyak humus yang subur pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Tanaman kacang panjang ini dapat dengan mudah ditanam, sehingga disetiap pelosok negeri dapat ditemui budidaya untuk sayuran ini. Harganya yang relatif terjangkau dan mudah penanamannya ini menjadikannya sangat digemari, selain itu kandungan pada kacang tanah pada zat gizinya tidak kalah penting jika dibandingkan dengan kacang-kacangan seperti manfaat kacang tanahmanfaat kedelai atau pun manfaat kacang merah.




Kandungan Gizi
Berbagai jenis kacang-kacangan merupakan sumber asupan gizi yang baik bagi tubuh, termasuk dengan kacang panjang. Kandungan vitamin B1 dan B2, fosfor, zat besi riboflavin, zat besi, pektin dan serat merupakan kombinasi yang mampu menjaga kesehatan tubuh.
Pencegahan terhadap berbagai jenis berbahaya dan merangsang enzim-enzim yang baik bagi tubuh dapat diperoleh manfaat kacang panjang. Pada kenyataannya, sumber protein nabati seperti kacang panjang lebih ramah terhadap sistem pencernaan ketimbang protein hewani. Sehingga kacang tanah dapat menjadi pilihan menu bagi para vegetarian dan menjadi menu diet sehat.


Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Pada sumber makanan yang alami seperti kacang panjang, pasti terdapat efek yang baik pula bagi kesehatan. Berbagai jenis kacang-kacangan kaya akan kandungan memberikan nutrisi yang baik untuk tubuh, berikut adalah rincian manfaat kacang panjang bagi kesehatan tubuh :
1. Mencegah Diabetes
Hampir seluruh jenis sayuran kacang-kacangan dapat mengontrol kadar gula berlebih yang mencegah terjadinya penyakit diabetes. Selain itu, kacang panjang juga rendah akan kalori dan gula sehingga sangat aman untuk anda yang bermasalah dengan gula darah.
Cara Penggunaan :
Jus kacang panjang mentah 3-4 batang setiap pagi, dicampur sedikit air lalu minum secara rutin setiap pagi. Jika anda tidak tahan dengan baunya, bisa menambahkan dengan tomat atau buah.

2. Kesehatan Kardiovaskuler & Jantung
Terdapat pula kandungan pada kacang panjang yang menyehatkan jantung, sehingga membuat terhindar dari masalah penyakit jantung, kandungan vitamin K yang tinggi dalam nutrisi sayuran kacang panjang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah, yang merupakan faktor umum dalam penyakit arteri koroner dan gagal jantung. Penelitian terbaru menunjukkan salah satu kategori vitamin K yakni vitamin K2, yang dikombinasikan dengan vitamin D dapat mencegah pengapuran pada arteri koroner sehingga mencegah penyakit kardiovaskular.
3. Sumber antioksidan
Manfaat antioksidan sangat penting bagi tubuh, yaitu mencegah dan memerangi radikal bebas. Kacang panjang merupakan salah satu sumber penting yang kaya akan antioksidan, Selain nutrisi antioksidan konvensional seperti vitamin C dan beta-karoten, kacang panjang juga mengandung mineral mangan yang penting untuk antioksidan. Kacang hijau mengandung berbagai macam karotenoid (termasuk lutein, beta-karoten, violaxanthin, dan neoxanthin) dan flavonoid (termasuk quercetin, kaemferol, catechin, epicatechins, dan procyanidins) yang semuanya telah terbukti memiliki sifat sebagai antioksidan.

4. Mencegah Osteoporosis
Tingginya kandungan vitamin K dalam kacang panjang merupakan salah satu faktor yang dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Kandungan vitamin K yang ada pada sayuran ini setidaknya dapat memenuhi lebih 20 % kebutuhan harian vitamin K yang dibutuhkan tubuh.

5. Baik Untuk Pencernaan
Fiber atau serat pada kacang panjang memberikan efek yang baik pada sistem pencernaan yang dapat memperlancar sekresi yang Menghindarkan permasalahan pencernaan seperti sembelit atau penyakit yang lebih berbahaya yaitu kanker usus besar.

6. Kesehatan Tulang
Selain Osteoporosis, ada berbagai penyakit kelainan yang terjadi pada tulang yang sangat penting untuk kita hindari. Vitamin k dan Mangan yang terdapat pada kacang panjang sangat efektif untuk menjaga kesehatan tulang dan menjadikannya kuat sampai tua.


7. Menjaga kesehatan persendian
Di dalam tubuh setiap manusia terdapat persendian yang terus bekerja sesuai fungsinya. Namun, adakalanya kondisi sendi itu bisa menurun dan tidak sehat, pada keadaan inilah timbul beberapa rasa sakit yang tak nyaman. Masalah ini bisa diatasi oleh kacang panjang yang mengandung mangan, dimana unsur tersebut sangat baik bagi persendian. Memenuhi kebutuhan mangan di dalam tubuh sama dengan menjaga kesehatan persendian.

8. Mencegah resiko diabetes
Kandungan serat dalam jumlah yang tinggi pada kacang panjang ini sangat bagus untuk pencegahan dari kadar gula dalam darah yang terus meningkat. Dimana serat itu mampu mencegah adanya peningkatan kadar gula agar senantiasa dalam keadaan normal atau seimbang.

9. Sebagai zat antibodi
Kacang memiliki kandungan yang bernama tembaga, unsur satu ini berperan penting sebagai antibodi di dalam tubuh. Bahwasannya, tubuh memerlukan zat antibodi agar senantiasa tetap fit dan memperkuat sistem kerja pada tubuh.

10. Membantu proses pembentukan sel darah merah
Kandungan zinc yang ada pada kacang ini sangat baik dan dapat membantu proses pembentukan sel darah merah. Dimana proses tersebut bisa lebih lancar dan juga lebih terjaga dengan baik. Bahwasannya, pada sel darah merah ini memiliki peran baik bagi tubuh, agar fungsi tersebut senantiasa terjaga, diperlukan kandungan yang disebut dengan zinc. Unsur ini bisa dipenuhi dari kacang panjang.

11. Membantu proses pembentukan enzim
Zat besi yang dimiliki oleh kacang panjang ini memberikan peran sebagai pembantu dalam pembentukan enzim dengan reaksi kimia. Dimana enzim-enzim ini akan membutuhkan unsur lain agar fungsinya bisa lebih maksimal dalam menjaga tubuh untuk tetap memiliki sistem yang seimbang.

Manfaat Daun Kacang Panjang

Selain buahnya yang berupa kacang berbentuk panjang, daun kacang panjang atau sering disebut lembayung juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Terutama sebagai bahan ramuan untuk pengobatan tradisional. Daun tanaman ini bisa dijadikan obat tradisional untuk mengatasi payudara yang bengkak sehabis melahirkan.
Caranya, ambil daun kacang panjang yang masih mudah secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus. Balurkan tumbukan daun kacang panjang tersebut pada sekitar payudara, kemudian lakukan pijatan secara lembut. Biarkan hingga kering dengan sendirinya, lalu bersihkan dengan air hangat.
Selain dijadikan obat, daun kacang panjang juga bisa dikonsumsi sebagai teman makan nasi. Bisa dengan cara ditumis atau direbus lalu diajdikan lalapan untuk coel sambal. Beberapa orang menjadikan daun ini sebagai salah satu bahan dalam pembuatan gado-gado.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar