Senin, 09 Mei 2016

MANFAAT BUAH RAMBAI

Rambai adalah buah-buahan yang masih mempunyai kerabat dengan buah kepundung. Yang membedakan yaitu bahwa bunga serta buah menteng (sebutan lain buah rambai) tumbuh di ujung dahan dan rasa dari buah rambai ini relatif lebih manis. Buah rambai ini mempunyai nama latin Baccaurea motleyana ini umumnya tumbuh di daerah Asia Tenggara.

 

Kandungan Nutrisi Buah Rambai
Berat rata-rata buah ini yakni sekitar 19 gr yang terbagi dalam 5. 5 gr kulit buahnya, 12 gr daging buahnya serta 1, 5 gr biji buah rambai. Tiap-tiap 100 gr buah rambai memiliki kandungan 82,3 gr air, 0,4 gr protein, 7,5 gr sakarosa, 0,2 gr serat, dan 0,5 gr abu.

Manfaat buah rambai sendiri sebagai berikut :
1. Manfaat buah rambai untuk penyakit kulit
Kulit yang terlihat mempesona bukanlah bermakna telah terlepas dari beragam penyakit. Beragam virus bisa meneror bila kesahatan kulit tak dijaga. Inilah penyebab kenapa melindungi kesehatan kulit sangatlah utama untuk dikerjakan.
Bila alami penyakit kulit, jadi tak butuh terlampau cemas. Tak butuh lakukan perawatan yang keluarkan biaya yang terlampau besar. Bisa memakai buah rambai sebagai salah satu jalan keluar untuk menangani penyakit kulit.
Sisi yang digunakan yaitu kulit dari buah rambai. Kulit dari buah ini bisa jadikan olesen untuk menangani panu, kurap, ulat air serta penyakit kulit yang lain.

2. Manfaat buah rambai untuk ibu hamil
Selain mengobati penyakit kulit, kulit buah ini populer sebagai ramuan yang di rebus untuk dikonsumsi oleh beberapa ibu yang baru melahirkan supaya cepat sembuh serta sehat.

3. Manfaat buah rambai untuk mata merah
Disisi lain kulit rambai yang ditumbuk bakal membuahkan cairan yang berperan menyembuhkan mata merah.

Manfaat Buah Rambai

Buah rambai dapat dimanfaatkan untuk:
Sebagai bumbu pengganti asam
Buah ini di daerah Bangka Belitung dimanfaatkan sebagai campuran untuk masak ikan. Rasa manis yang bercampur dengan rasa segar asam pada buah ini dapat dimanfaatkan sebagai pengganti buah asam.
Dibuat menjadi manisan
Buah Rambai sangat cocok dijadikan manisan karena teksturnya yang empuk dan rasanya yang asam manis. Caranya adalah dengan merebus daging buah rambai hingga matang lalu direndam dengan air gula. Jika disimpan di kulkas manisan ini dapat tahan hingga berminggu-minggu.
Untuk selai
Rasanya yang asam manis menjadikan buah ini cocok dijadikan selai layaknya selai stroberi atau selai bluberi. Caranya hanya dengan menghaluskan daging buah ini dengan blender, jika ingin lebih praktis, lalu dipanaskan hingga menjadi selai yang nikmat. Anda juga dapat mencampurkan gula atau madu secukupnya serta menambahkan satu hingga dua sendok makan jus lemon agar rasa selai lebih enak.

Itulah beberapa manfaat buah rambai yang bisa saya informasikan untu teman-teman...semoga bermanfaat untu teman-teman semua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar