Senin, 02 Mei 2016

MANFAAT BUAH CIPLUKAN

Buah ciplukan atau dalam pelajaran biologinya memiliki nama latin physialis angulata adalah tanaman liar yang biasa tumbuh di ladang atau sawah didaerah pedesaan yang ternyata memiliki berbagai macam manfaat. Tanaman ini sering di jumpai saat musim hujan karena ketersediaan air itu yang membuatnya tumbuh subur.
 

Apabila anda hidup di daerah perkotaan mungkin anda akan sagat sulit sekali menjumpai tanaman ini, akan tetapi biasanya tanaman ini sudah mulai di perjual belikan karena sudah banyak yang tau tentang berbagai manfaatnya untuk mengobati berbagai macam penyakit.

anaman cimplukan tidak hanya buahnya saja yang dapat menjadi obat, melainkan daun, akar, dan batangnya pun bisa dijadikan obat. Tanaman cimplukan sangat bermanfaat bagi kesehatan karena mempunyai kandungan Vitamin C, asam palmitat, alkaloid, chlorogenic acid, dan polifenol.

Secara garis besar tanaman ciplukan ini memiliki peran sebagai tanaman yang memiliki fungsi antibakteri, anti inflamasi, analgesik, imunosupresan, antioksidan, sitotoksik, meredakan batuk, antivirus, menetralkan racun, anti hiperglikemi, imunostimulan, analgesik, sitotoksik, meredakan batuk, menetralkan racun serta mengaktifkan kembali fungsi kelenjar tubuh dan anti tumor.
 
Berikut beberapa ulasan khasiat dan manfaat dari cimplukan bagi kesehatan beserta cara pengolahannya menjadi obat :

1. Untuk Mengobati Influenza
Cara menjadikan obat yaitu ambil 2 batang pohon cimplukan lalu direbus dengan 2 gelas air, saring dan diminum 2x sehari.

2.  Mengobati Bisul
Ambil daun ciplukan kurang lebih 1/2 genggam, lalu dicuci, digiling atau di tumbuk halus, setelah itu dilumurkan daun tumbukan itu pada bisul dan sekelilingnya, lalu dibalut. diganti 2X sehari.

3. Mengobati Borok
Ambil daun ciplukan kira-kira 1/3 genggam cuci bersih,lalu ditumbuk atau digiling halus, ditambah air kapur sirih secukupnya,kemudian lumurkan di borok. Diganti 2X sehari.

4. Mengobati Ayan atau Epilepsi
Apabila teman atau saudara anda mengidap penyakit ayan sebaiknya anda menyarankannya untuk mengobatinya dengan buah cimplukan ini. Caranya yaitu hanya dengan mengkonsumsi 8 sampai 10 butir buah setiap hari. Apabila rutin mengkonsumsi buah ini niscaya penyakit itu akan sembuh.

5.  Mengobati penyakit diabetes melitus
Cara membuat cimplukan menjadi obat diabetes adalah pertama anda harus memilih tanaman yang sudah berbuah dan berumur, cabut pohon cimplukan tersebut dan ambil bagian akarnya kemudian bersihkan, sebelum anda merebusnya, ada baiknya diamkan beberapa saat akar ciplukan tersebut sampai menjadi layu. Kemudian  rebus  akar ciplukan dengan 3 gelas air bersih, tunggu sampai rebusan tersebut benar benar mendidih dan hanya tersisa kurang lebih satu gelas saja. Kemudian ambil air sisa rebusan tadi dan saring untuk memisahkan air dan akarnya, minum satu kali sehari dan lakukan secara rutin.

6.  Menurunkan tekanan darah tinggi
Untuk mengobati darah tinggi ambil buah cimplukan sebanyak 5 butir, kemudian rebus dengan air sebanyak satu gelas ukuran sedang selama kurang lebih 10 samapai 15 menit sambil terus di aduk. setelah sampai waktu yang di tentukan, saring air rebusan dan dinginkan sejenak kemudian minum 2 kali sehari. Hal yang perlu di perhatikan adalah waktu penyimpanan air rebusan tidak boleh lebih dari satu hari, karena kandungan senyawa yang bermanfaat sudah hilang.

7. Mengobati sakit paru- paru
Untuk mengobati paru-paru diperlukan seluruh bagian tanaman cimplukan ini, mulai dari buah, daun, batang dan akar di ikut sertakan semua. Cara mengolahnya yaitu satu tanaman cimplukan lengkap mtersebut di cuci bersih, kemudian rebus lah dengan 5 gelas air sampai mendidih dan saring untuk memisahkan air dan tanaman tersebut, minumlah tiga kali sehari secara rutin.

8. Mencegah Kanker
Setelah dilakukan penelitian steroid yang terkandung didalam daun dan buah cimplukan dapat mencegah sel-sel kanker di dalam tubuh. Seseorang yang mengidap penyakit kanker atau tumor apabila sering mengkonsumsi buah cimplukan maka ukuran tumor bisa mengecil.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar