Senin, 09 Mei 2016

MANFAAT BUAH NAM-NAM

Buah namnam ini mempunyai beberapa kekhasan yang tidak dipunyai oleh buah yang lain, yakni tumbuh buahnya yang ada di bagian bawah batang. Namnam nama sejenis pohon buah dari suku polong-polongan (Leguminosae alias Fabaceae). Buahnya bisa dikonsumsi langsung atau jadikan bahan rujak, asinan atau manisan. Buahnya dapat juga dipakai kombinasi sambal.




Namnam disebut juga dengan nama buah sawo pancukan, ada juga yang menyebutnya kopi anjing, adalah nama sejenis pohon buah yang berasal dari suku polong-polongan. Namnam ini masih dalam satu family Leguminosae alias Fabaceae ini memiliki bunga dan buahnya yang muncul di batang dengan nama latin Cynometra cauliflora. Buah Namnam ini adalah salah satu tanaman buah Indonesia yang sangat langka.
Pohonnya relatif kecil dengan ketinggian antara 3-15 m. Namnam berasal dari India, Malaya sampai ke Indonesia. Tanaman ini tumbuh baik pada dataran rendah dan tanah yang subur dan sangat menyukai tempat-tempat terbuka dan datar. Buah namnam berukuran antara 3-9 cm dengan ketebalan antara 2-6 cm.
Buah namnam ini memiliki daging tebal, berbentuk ginjal keriput berujung meruncing. Pada umumnya buahnya bergantungan di batang, coklat bersisik ketika muda dan kehijauan atau kekuningan apabila masak, masam sampai masam manis.

Manfaat Pohon namnam sering ditanam orang untuk tanaman penghias halaman atau untuk diambil buahnya. Buah namnam yang sudah masak memiliki rasa asam manis segar, dapat dimakan langsung atau dijadikan sebagai bahan rujak, asinan, dan manisan. Dapat juga buah namnam ini dijadikan sebagai campuran sambal.
Buah namnam juga berkhasiat sebagai obat mencret dan buahnya untuk penyegar badan Buah nam-nam dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan sirup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar