Rabu, 11 Mei 2016

MANFAAT BUAH APRIKOT

Buah aprikot adalah buah yang berbentuk bulat berwarna orange saying sangt manis dan  teksturnya agak kenyal. Buah Aprikot mengandung antioksidan dan serat yang tinggi. Aprikot jiga salah satu buah yang kaya akan beta karoten yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan retina mata. Supaya dapat diserat dengan baik oleh tubuh  maka dalam mengkonsumsinya hasus ditambah dengan lemak. Jadi makanlah  buah aprikot sebagai camilan yang bersama dengan kacang almond atau walnut.

Ukuran Pohon Aprikot Kecil tingginya 8-12 cm dengan batang sampai 40 cm dana dimeter kanopi pada menyebae. Daun aprikot  bulat telur 5 – 9 cm dan 4- 8 cm lebar dengan dasar ujungnya agak runcing  dan marginnya bergerigi  halus. Bunganya diameternya 2 – 4 cm, dengan lima kelopak putih merah muda. Aprikot diproduksi biasanya pada musim semi. Buah aprikot  adalah buah berbiji mirip dengan persik kecil.
 

 
 
Kandungan Buah Aprikot
Kandungan Gizi Aprikot, mentah Nilai gizi per 100 g (3.5 oz) 
Energi 201 kJ (48 kcal)
Karbohidrat 11 g
Gula 9 g
Diet serat 2 g
Lemak 0,4 g
Protein 1,4 g
Vitamin A equiv. 96 mg (11%)

Beta-karoten 1094 mg (10%) 
Vitamin C 10 mg (17%)
Besi 0,4 mg (3%)
 
 
 Manfaat Buah Aprikot
Dari kandungan  yang terdapat pada buah aprikot, maka manfaat buah aprikot antara lain :
  1. Kandungan carotenoids pada buah aprikot adalah antioksidan yang membantu pencegahan serangan jantung. Selain itu juga mengurangi level kolesterol jahat dalam tubuh, dan melindungi badan dari kemungkinan penyakit kanker yang ganas.
  2. Biji buah aprikot dapat digunakan untuk mengobati penyakit astma dan batuk serta dapat membantu sistem respirasi.
  3. Kandungan serat dalam buah aprikot dapat mengatasi sakit sembelit dan membantu memperlancar sistem pencernaan.
  4. Bata karoten merupakan salah satu kandungan yang dibutuhkan untuk kesehatan mata. Beta karoten ini bisa kita dapatkan pada buah aprikot.
  5. Buah aprikot bisa digunakan untuk mengobati anemia. Hal ini karena aprikot mengandung mineral seperti besi dan tembaga yang membantu dalam produksi hemoglobin.
  6. Minyak aprikot ditemukan efektif dalamperawatan kulit. Selain membuat kulit bersinar dan halus, minyak aprikot juga mampu mengobati kudis dan eksim.
Meski buah aprikot kaya akan kandungan gizi serta manfaat untuk kesehatan, namun sebaiknya anda berhati-hati saat mengonsumsi buah aprikot. Saat mengonsumsinya, buanglah bagian biji dari buah aprikot. Pasalnya, ujung biji aprikot disebut-sebut mengandung sejumlah konsentrat unsur kimia yang bisa mengakibatkan ketidakseimbangan dalam proses tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar