Rabu, 11 Mei 2016

MANFAAT BUAH KEMANG

Buah Kemang memanglah terasa asing ditelinga beberapa dari kita. Buah kemang (Mangifera kemanga) adalah tanaman yang mulai langka di Indonesia. Walaupun, dari nama pohon sejenis mangga ini nama daerah Kemang di Jakarta. Pohon kemang yang memiliki buah khas berbau menusuk dengan rasa yang masam manis ini sebagai flora jati diri kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sayangnya, tumbuhan ini mulai langka serta susah diketemukan.




Pohon kemang biasanya tumbuh di dataran rendah di daerah tropis basah dibawah ketinggian 400 m dpl. meskipun bisa didapati juga sampai ketinggian 800 m dpl. Tanaman penghasil buah langka ini membutuhkan persebaran curah hujan yang rata sepanjang tahun serta tumbuh baik di pinggiran sungai yang dengan cara berkala tergenang air.

Kandungan nutrisi pada buah kemang memiliki kandungan energi sebesar 48 kilokalori, protein 1 gr, karbohidrat 11,9 gr, lemak 0,2 gr, kalsium 10 miligram, fosfor 24 miligram, serta zat besi 0 miligram. Selain itu didalam buah kemang juga terdapat vitamin A sejumlah 6 IU, vitamin B1 0,08 miligram serta vitamin C 58 miligram. Hasil itu didapatkan dari riset pada 100 gr buah kemang, dengan jumlah yang bisa dikonsumsi sejumlah 65 persen. 




Dilihat dari kandungan nutrisi yang terdapat pada buah ini, maka tentunya buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, berikut 18 manfaatnya :

1. Baik Untuk Pencernaan
Kandungan fosfor dalam buah kemang memiliki peran penting dalam memfasilitasi pencernaan efisien pada badan. Ia mengerjakannya dengan memicu pencernaan riboflavin serta niacin dalam langkah yang mahir.

2. Penguat Stamina
Kandungan fosfor dalam buah kemang mempunyai kekuatan untuk menangani permasalahan kesehatan sebagaimana lemah, mati rasa, kelelahan serta penyakit serupa. Kandungan yang cukup dari fosfor pada badan bertanggungjawab untuk proses cepat pengobatannya, keperluan fosfor sekitar 1200 mg untuk orang dewasa normal sesuai sama anjuran pakar praktisi kesehatan.

3. Mengatasi Masalah Seksual
Kekurangan seksual dapat juga sembuh dengan kecukupan yang ideal mineral fosfor pada badan.

4. Fungsi otak
Kandungan fosfor dalam buah kemang merupakan elemen penting yang ditemukan di sekitar dalam sel-sel otak, ia bertanggungjawab untuk beragam manfaat utama. Kandungan fosfor yang cukup dari fosfor menolong melindungi manfaat otak yang sehat.

5. Pembentukan Tulang
Kandungan fosfor dalam buah kemang bagian penting dari proses yang terkait dengan perkembangan juga pemeliharaan tulang serta gigi. Ia bekerja dalam jalinan dengan kalsium untuk memberi tulang yang kuat serta sehat, fosfor bisa menyeimbangkan serta menahan dengan cara normal air mata. Fosfor juga menolong supaya gusi sehat serta enamel gigi. Hal semacam ini juga menolong dalam kurangi permasalahan serius sebagaimana tulang keropos, juga di kenal sebagai osteoporosis. Mineral ini menempatkan dasar dari susunan rangka yang kuat untuk menanggung hidup sehat.

6. Pembentukan Protein
Kandungan fosfor dalam buah kemang untuk pembentukan protein, yang setelah itu menolong dalam proses reproduksi. Hal semacam ini juga memfasilitasi pemakaian optimal protein pada badan manusia untuk meyakinkan perkembangan yang cukup dari sel, bersama dengan perbaikan mereka dari saat ke saat.
 
7. Mengatur Keseimbangan Hormon
Kandungan fosfor dalam buah kemang dapat juga untuk mengatur keseimbangan hormon pada badan manusia. Ini meyakinkan bahwa hormon, khususnya yang dibutuhkan untuk kesehatan reproduksi yang baik, senantiasa ada berbentuk yang seimbang.

8. Ekstraksi Energi
Kandungan fosfor dalam buah kemang upenting menolong sistem ekstraksi energi dengan merangsang sistem metabolisme nutrisi yang tidak sama.

9. Perbaikan Sel
Fosfor juga berperan dalam perbaikan serta pemeliharaan beragam beberapa sel badan, yang rawan pada kerusakan. Ini meyakinkan bahwa beberapa sel badan yang di kembangkan dengan baik serta terus aktif untuk kesehatan.

10. Reaksi Kimia
Fosfor melakukan tindakan sebagai dalam beberapa reaksi kimia yang berlangsung pada badan. Fosfor Juga, meminjamkan manfaatnya yang cukup dari beragam nutrisi masuk badan.

11. Ekskresi
Kandungan fosfor dalam buah kemang mempunyai sisi penting untuk melindungi ginjal dalam keadaan normal. Ia mengerjakannya dengan meyakinkan launching tepat limbah dari ginjal lewat sistem ekskresi.

12. Memperkuat Otot
Melindungi bentuk serta susunan dari beragam jaringan didalam badan, umpamanya otot.

13. Menutup Luka
Bertindak dalam penutupan luka ketika berlangsung perdarahan.

14. Anti Infeksi
Memberi perlindungan infeksi mikroorganisme patogen. Lewat mekanisme inilah vitamin C bertindak dalam melindungi kesehatan badan serta menolong menghindar beragam type penyakit.

15. Pembentuk Kolagen
Bertindak sebagai senyawa pembentuk kolagen yang disebut protein utama penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, serta jaringan penyokong yang lain.

16. Baik Untuk Diet
Selain itu buah ini dapat memiliki kandungan lemak yang rendah, hingga cukup aman untuk yang tengah menggerakkan program diet.

17. Menghindar Penuaan Dini
Vitamin C yang terdapat dalam buah kemang menjadikan kulit halus serta kurangi keriput.

18. Antioksidan
Adalah senyawa antioksidan alami yang bisa mencegah beragam radikal bebas dari polusi.

Demikianlah manfaat dan khasiat buah kemang yang langka bagi kesehatan dan kecantikan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar