Jumat, 29 April 2016

MANFAAT BUAH SALAK

Salak merupakan buah asli Indonesia yang tumbuh dengan mudah di negara kita yang beriklim tropis ini. Kita juga bisa menemukan tanaman salak dan membeli buah salak di mana-mana karena memang buah yang satu ini sangat mudah dijumpai.

 

Rasa salak yang eksotis, sedikit asam, sedikit manis dan sedikit sepat membuat orang sangat menyukainya. Di samping rasanya yang enak, buah salak ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan serat yang tinggi dalam buah salak dapat membantu tubuh dalam mengatasi dan menyembuhkan berbagai penyakit.
Buah salak sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Anda yang berencana menurunkan berat badan. Buah salah kaya akan serat dan serat sangat dibutuhkan oleh mereka yang sedang berdiet agar merasa kenyang lebih lama.

      Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh

Serat salak terbanyak terdapat pada kulit aria atau kulit tipis yang menempel pada daging buah salak. Oleh karena itu, jika ingin mengkonsumsi salak untuk diet, sebaiknya buah salak dimakan tanpa menghilangkan kulit arinya.

1. Meningkatkan sistem imun

Kandungan vitamin C pada salak meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus penyakit.

2. Menjaga kesehatan mata

Menurut beberapa hasil penelitian, salak mengandung betakarotin lima kali lebih banyak dari wortel, tomat, mangga dan semangka. Jadi jika Anda tidak menyukai wortel, bisa menggunakan salak sebagai buah alternatif memenuhi kebutuhan kesehatan mata.

3. Mencegah pertumbuhan kanker

Buah ini juga kaya antioksidan yang dapat mencegah tumbuh-kembang sel kanker penyebab kanker.

4. Mengobati diare

Salak mengandung tanin yang telah banyak dikenal sebagai bahan pengobatan pada diare.

5. Kaya serat

Mitos mengatakan bahwa mengonsumsi terlalu banyak akan membuat buang air besar menjadi susah. Padahal, kulit ari buah salak mengandung serat yang dibutuhkan tubuh, yang justru memperlancar pencernaan. Jadi usahakan kulit ari buah salak jangan sampai terbuang.

6. Membantu proses diet

Kandungan karbohidrat yang cukup tinggi mampu untuk menahan lapar ketika sedang menjalankan program diet.

7. Meningkatkan kecerdasan otak

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa buah ini mampu meningkatkan kinerja otak dengan membawa kandungan pottasium dan pektin, yang dapat menutrisi beberapa syaraf serta mampu memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak.

Tetapi, sayangnya salak tidak diperuntukkan bagi penderita maag dan tifus karena beberapa kandungannya tidak baik untuk pasien. Namun terlepas dari hal itu, Anda bisa mengonsumsi salak kapan saja. Bahkan, akan lebih nikmat lagi jika dibuat sebagai asinan atau kripik salak untuk camilan sehari-hari.

Begitu banyak manfaat buah salak yang dapat membawa kebaikan bagi kesehatan tubuh. Jadi kini, salak bisa menjadi alternatif buah untuk keseharian Anda, bukan?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar