Jumat, 29 April 2016

MANFAAT BUAH DURIAN

Durian merupakan salah satu buah yang nikmat dan difavoritkan bagi sebagian orang.Manis, bau menyengat, warna buah kuning serta memiliki duri tajam pada kulitnya merupakan ciri fisik yang dimiliki oleh buah durian. 



Namun, bagi penyuka durian akan selalu menantikan musim durian tiba. Selain manis, buah durian juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat dahsyat buah durian bagi kesehatan tubuh tersebut...???


1. Kalori dan Lemak
Buah durian mengandung sekitar 357 kalori, yang terdapat di dalam 1 cangkir porsi buahnya. Buah durian juga mengandung lemak namun dalam jumlah yangsedikit lemak , yaitu sekitar 13 gram per porsi untuk 33 persen dari kalori. Batasi asupan lemak sekitar% dari kalori harian, jika menonsumsi buah durian.

2. Karbohidrat
Terdapat sekitar 130 gram karbohidrat di dalam satu cangkir durian, dan ini mencukupi sekitar setengah jumlah kalori yang disarankan per hari. Saat mengkonsumsi durian, hati-hati untuk rencana makan, dengan memonitor konsumsi karbohidrat. Terlalu banyak mengkonsumsi  makanan berkarbohidrat, dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan. Sertakan juga dalam menu makan sekitar 25-38 gram serat untuk membantu mencegah sembelit, diare dan masalah perncernaan lainnya.

3. Protein
Satu cangkir durian mengundang protein sebanyak  3,6 gram atau mencukupi kebutuhan harian protein sekitar 6,4 persen menjadi 7,8 persen. Pada sebuah studi yang diterbitkan dalam edisi Mei 2010 dari “American Journal of Gastroenterology” menunjukkan bahwa protein dari daging dan ikan dapat menyebabkan peningkatan risiko sindrom iritasi usus besar, sehingga mendapatkan protein dari buah-buahan, sayuran dan sumber-sumber lain mungkin akan lebih baik untuk menekan resiko ini.

4. Vitamin dan Mineral
Setiap 1 cangkir durian mengandung 80 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari. Vitamin C juga berfungsi dalam pembentukan kolagen pada kulit dan meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, durian juga mencukupi asupan vitamin B-6 yang dibutuhkan dalam tubuh setiap hari.

5. Zat besi dan tembaga
Tembaga dan zat besi dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel darah merah yang sehat. Durian juga mengandung mangan yang membantu dengan tulang dan kesehatan kulit. Tidak hanya itu, sekitar 25 persen dari asupan riboflavin dan tembaga yang direkomendasikan, ada di dalam 1 porsi buah durian.

6. Kalium
Durian memiliki banyak kandungan kalium yang sangat membantu untuk kesehatan.Kalium adalah elektrolit penting yang membantu mengontrol tekanan darah yang juga banyak terdapat pada manfaat pisang. Zat ini berfungsi untuk menjaga kadar natrium dan membantu mengatur detak jantung.

7. TrIptopan
Triptopan dikenal sebagai obat tidur alami yang salah satunya didapat buah durian. Triptopan bekerja dengan mengatur metabolisme menjadi berbagai neurotransmitter, dan dapat membantu dalam induksi tidur, bahkan menjadi pengobatan untuk epilepsi.

8. Tiamin
Jika tubuh membutuhkan lebih banyak tiamin, buah durian bisa menjadi sumber tiamin alami seperti yang juga ada pada manfaat kacang hijau. Buah durian mengandung sekitar 30% tiamin dari asupan harian yang direkomendasikan. Zat tiamin inilah yang berfungsi menjaga metabolisme karbohidrat dalam tubuh, untuk berubah menjadi energi dan membantu dalam hal-hal seperti otot dan kesehatan saraf.



Teman-teman, tips kesehatan. Buah durian juga dikenal sebagai king of fruit (raja dari segala buah-buahan). Ini dikarenakan, buah durian mengandung nutrisi berupa karbohidrat, protein, serat, vitamin B1, B2, vitamin C, kalsium, kalium serta fosfor yang sangat tinggi. Berbagai nutrisi tersebut membantu menjaga dan mempertahankan tubuh tetap sehat dan fit sepanjang hari. Untuk mengetahui berbagai manfaat detail durian bagi kesehatan tubuh, tips kesehatan akan menyajikannya secara lengkap pada bahasan kali ini, Berikut ini, manfaat dahsyat durian bagi kesehatan tubuh anda :

  1. Solusi Agar Tidak Mudah Capek. Dalam 100 gram buah durian mampu mencukupi kebutuhan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh sebesar 21 persen. Sehingga buah durian dapat menambah energi tubuh secara instan, disaat aktivitas atau pekerjaan yang relatif padat dan menguras tenaga dan pikiran.
  2. Penangkal Depresi Secara Lebih Alami. Buah durian mengandung vitamin B6 yang memiliki peran untuk memproduksi serotonin. Serotoni inilah yang akan berperan menangkal depresi yang menyerang anda.
  3. Nutrisi Bagi Tulang Dan Gigi. Buah durian mengandung kalsium, kalium serta vitamin B1 dan B2 yang dapat menyuplai berbagai nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga dan mempertahankan kesehatan tulang dang gigi anda. 
  4. Kulit Lebih Awet Muda. Buah durian mengandung sumber vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C inilah yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dan memperlambat proses penuaan pada kulit tubuh dan wajah anda.
  5. Pencernaan Yang Lebih Sehat. Buah durian mengandung serat yang cukup tinggi, kandungan serat inilah yang dapat membantu kerja organ pencernaan dapat bekerja lebih optimal. Sehingga, berbagai masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar bukan menjadi masalah lagi bagi anda.
  6. Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah. Buah durian mengandung mangan yang mana berperan dalam mengontrol kadar gula dalam darah tetap normal. 
  7. Solusi Anemia (Kurang Darah). Buah durian mengandung folat, tembaga serta xat besi yang berperan penting dalam mengatasi gejala anemia atau kurang darah yang menimpa anda. 

Efek Samping
  1. Dilarang untuk penderita diabetes
  2. Penyakit jantung
  3. Penyakit darah tinggi
  4. Ibu hamil konsumsi di batasi
Demikianlah tips kesehatan yang mengulas  manfaat dahsyat durian bagi kesehatan tubuh anda. Meskipun terdapat berbagai manfaat durian bagi kesehatan, kitapun juga harus membatasi mengkonsumsi buah durian secara tidak berlebihan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar